Pengertian Plugin dan Fungsinya

Published April 18, 2013 by desiiyuliani

Bicara soal Plugin banyak definisi yang di maksudkan dengan plugin itu sendiri ,plugin merupakan suatu hal yang harus dan wajib di ketahui bagi seorang web master karena akan sering menemukan dan mengamalkan plugin pada blog-blog miliknya, dan juga banyak orang awam atau ga ngerti tentang apa itu plugin.

       Plugin juga adalah Aplikasi berukuran kecil yang ditanam ke dalam aplikasi lain yang lebih besar, yang bertujuan untuk meningkatkan fungsionalitas aplikasi induknya.

Plugin Mnurut WordPress :

       Plugin WordPress yaitu sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar, bisa di sebut juga sebuah atau seperangkat program aplikasi tambahan yang berisi fungsi script dalam bahasa PHP yang memberikan fitur-fitur atau layanan yang spesifik untuk meningkatkan fungsi dalam penggunaan blog wordpress, yang dapat digabungkan dengan blog menggunakan akses poin dan metode yang disediakan oleh wordpress.

Fungsi plugin wordpress ditujukan untuk berbagai alasan, antara lain adalah:
  • Memungkinkan pihak ketiga membuat tambahan kemampuan pada aplikasi wordpress

  • Mendukung fitur yang belum terlihat oleh para pengguna wordpress.

  • Mengurangi ukuran aplikasi wordpress
  • Memisah kode sumber karena tidak kompatibel dengan software yang berlisensi

Cara Install Plugin di WordPress

plugin wordpress

      Disaat anda telah memilih sebuah plugin yang akan digunakan pada website tentunya anda sendiri telah tahu kegunaan dari plugin itu sendiri. Bagi kita yang membuat Website dengan Domain dan Hosting sendiri serta menggunakan CMS WordPress cukup banyak pilihan plugin yang bisa digunakan secara gratis.Untuk artikel ini saya akan contohkan sewaktu akan menginstall Plugin Broken Link Checker seperti yang saya gunakan pada pada blog ini.Setelah Log in ke wp-admin, klik > Add New yang ada

pada menu Plugin.
klik plugin > add new

Maka anda akan masuk ke halaman Instal Plugins. Ada 5 menu pada halaman tersebut: Search | Upload | Featured | Popular | Newest.

install plugin, upload plugin

Bila telah mengetahui nama plugin yang akan di gunakan, anda bisa memanfaatkan Search Box untuk menemukannya. Atau mencari plugin pada menu featured, popular, newest atau langsung memilih plugin yang ada pada Popular tags.

       Kali ini saya akan meng – install plugin beroken link checker dan langsung mencari dengan menggunakan search box. Setelah daftar / list plugin keluar saya memilih salah satu dari yang ditampilkan.

klik details atau install plugin

       Sebelum plugin tersebut di install, kita bisa melihat Details serta Deskripsi singkat yang tertulis pada list tersebut. Atau untuk lebih jelasnya bisa anda cek dengan meng – klik > Details.

klik install now untuk meng - install plugin tersebut

       Silahkan anda baca deskripsi dengan baik agar benar-benar memahami kegunaan serta cara kerja plugin tersebut. Juga ada panduan cara install / memasang  yang bisa anda lihat pada menu Installation. Apabila anda telah yakin akan menggunakannya, silahkan klik > Install Now. Setelah proses install selesai lalu anda aktifkan dengan meng – klik > Active Plugin.

       Untuk mengatur plugin yang telah di install bisa anda lihat pada menu Tools atau Settings, biasanya plugin yang kita install akan diletakkan pada menu tersebut.

       Kita juga bisa meng- upload plugin ke wordpress dengan cara masuk ke menu upload. Klik > upload > pilih plugin dari media penyimpanan file anda lalu klik > Install Now. Untuk meng-aktifkan plugin sama dengan diatas.

cara upload plugin ke wordpress

       Semoga artikel di atas bisa membantu anda yang mungkin belum memahami cara install plugin di wordpress. Namun apabila akan menggunakan sebuah plugin sebaiknya kita terlebih dahulu mencari informasi karena cukup banyak beredar plugin-plugin yang ternyata tidak di sukai cara kerjanya oleh mesin pencari, tentunya itu akan membahayakan bagi blog kita.

       Terlalu banyak plugin yang digunakan juga tidak baik, karena akan memperlambat proses loading (memuat) di saat akan membuka / mengakses ke website atau blog tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: